Cara Melakukan Reset Root Password Pada Debian

Hal yang sangat krusial bagi seorang admin server jika lupa password, namun jangan panik berikut penulis akan memberikan langkah-langkah me-reset password root  pada Debian. 

Langkah-langkah

Nyalakan komputer atau server hingga muncul bootloader GRUB, jangan tekan enter. Untuk masuk pada bagian GRUB boot paramaeter tekan tombol “e” maka akan tampil boot parameter. Edit bagian akhir dari bagian yang dimulai  “linux /boot/vmlinuz-…….” dengan menambahkan “init /bin/bash” untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.

VBox Grub Parameter Debian

Tekan Ctrl+X untuk melakukan boot hingga tampil promt root. Lihat partisi root Anda dengan menjalankan perintah “fdisk -l” maka akan terlihat partisi mana Linux terpsang yang ditandai dengan tanda * (bintang) pada bagian Boot. Misalkan partisi root Anda adalah sda1 seperti pada gambar dibawah ini.

VBox Grub Parameter Debian 1

Remount partisi tersebut sebagai read-write dengan menjalankan perintah berikut ini.

$ mount -o remount,rw /dev/sda1 /

Kemudian reset password Anda dengan menjalankan perintah passwd
$ passwd

Jreng-jreng password Debian Anda berhasil direset, silakan restart komputer atau server Anda

The following two tabs change content below.
Seorang Web Designer, Graphic Designer menggunakan Inkscape, pengguna juga penggiat Linux dan Open Source. Walaupun belum benar-benar menggunakan Linux dan Open Source 100% paling tidak sudah memulai menggunakan Software yang legal. Tulisan pria berkacamata dengan imajinasi tinggi ini dapat dilihat di http://erdinote.wordpress.com dan http://erdie.tumblr.com

One Response to Cara Melakukan Reset Root Password Pada Debian

  1. PumaRachel says:

    Terima kasih atas informasi yang berguna . Perlu menambahkan blog Anda ke bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>